INFORMASI :

Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ),berfungsi membahas dan menyepakati rancangan peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa,dan melakukan pengawasan kinerja desa ( undang - undang No. 6 Tahun 2014 ) tentang Desa. Sebagai lembaga Desa BPD Beranggotakan lima orang dan maksimal sembilan orang.umumnya setiap BPD satu orang akan menjabat sebagai Ketua,satu orang sebagi wakil ketua, satu orang bertugas sebagai sekretaris, dan sisanya adalah anggota. Proses terakhir adalah  penertiban SK dan penetapan anggota BPD yang akan langsung dilaksnakan oleh Bupati. Selama menjabat anggota BPD akan menerima gaji bulanan yang dibayar secara akumulatif pada bulan tertentu. Dibawah ini adalah SUSUNAN ANGGOTA BPD DESA LAJER : 1. Ketua          : ROCHMAT 2.Wakil Ketua  : SUTARNO 3. Sekretaris    : UMI KURIYAH S.Sos 4. Anggota       : 1. SITI NURJANAH                            2. H. ALWI SAEFULLOH                            3. TEGUH SUGIYANTO                            4. KASINO IRSAM          

Desa Lajer Dicanangkan Menjadi Kampung Pancasila

Desa Lajer Dicanangkan Menjadi Kampung Pancasila

Pernah Mendengar Kampung Pancasila? Kalau Pancasilanya pasti sering mendengar dong, iya lah Itu Salah Satu Identitas Negara kita dan menjadi Ideologi di Negara Tercinta Ini. lalu Apa itu Kampung Pancasila? 
Kampung Pancasila adalah julukan untuk desa yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Pencanangan Kampung Pancasila bertujuan untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran paham radikalisme. Masyarakat di Jawa Tengah pada umumnya memiliki berbagai latar belakang suku, agama, dan ras. Keberagaman ini jika tidak dikelola dengan baik, sangat berpotensi menimbulkan konflik yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok radikal. Kegiatan pecanangan Kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada Tanggal 30 Juni 2022 kemarin, Desa Lajer Dideklarasikan Sebagai Kampung Pancasila. Dalam Acara yang dimotori oleh Koramil Ambal bersama Pemerintah Desa Lajer juga turut hadir Bapak Camat Ambal, Bapak Bambang Budi Sanyoto, SH dan Bapak Kapolsek Ambal beserta jajaranya.  Sebagai Simbol Pencangan Kampung Pancasila Desa Lajer, Kapten Cpm Aris Yulianto didampingi Forkompincam dan Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama Menabuh Gong dan Menyerahkan Miniatur Garuda Pancasila kepada Duta Pancasila. 

Pemuda Pemudi Karang Taruna Dharma Manunggal Lajer  juga turut meramaikan acara Pencangan Kampung Pancasila, bahkan 1 minggu sebelumnya juga mengadakan Gotong Royong Bersama di Lapangan Desa Lajer bersama Anggota Koramil Ambal dalam rangka meningkatkan kerjasama Gotong Royong di Desa Lajer. 

Semoga dengan Pencangan Kampung Pancasila di Desa Lajer dapat mewujudkan Masyarakat yang toleran terhadap sesama dan menjadikan generasi muda yang tanggung dengan sifat sifat yang tercermin dalam sila-sila Pancasila. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter